jump to navigation

Terlalu Lama Di Depan Komputer Bisa Menyebabkan Penyakit Otot Lho… August 13, 2009

Posted by sweetmagic in Uncategorized.
trackback

komputerSebuah penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa yang sering menghabiskan waktunya di depan komputer pada hari-hari tertentu, semakin besar kemungkinan mereka menderita sakit pada otot dan tulang dalam jangka waktu 24 jam. Namun, karena studi ini hanya dilakukan pada sejumlah kecil kasus (hanya melibatkan 27 siswa) maka belum dapat dipastikan apakah pola tertentu dari penggunaan atau posisi tubuh ketika di depan komputer yang mengakibatkan masalah ini.


Dr. Jack Tigh Denmerlein dan rekan-rekan dari Harvard School of Public Health di Boston melaporkan dalam Journal of Industrial Medicine bahwa gejala keluhan pada otot dan tulang bagian atas umum terjadi pada pelajar dan mahasiswa, terutama pada remaja perempuan setingkat SMU, diploma dan mahasiswa lulusan teknik.

Pemakaian komputer secara berlebihan merupakan faktor dominan yang menyebabkan gejala tersebut, Dennerlein beserta timnya “mengukur” waktu penggunaan komputer pada mahasiswa yang belum lulus dengan menggunakan perangkat lunak untuk menentukan apakah penggunaan komputer sehari-hari berkaitan dengan gejala (keluhan) otot dan tulang yang dialami pada hari-hari tertentu.

Dalam studi yang dilakukan selama seminggu saat pergantian musim semi, 96 persen dari siswa melaporkan bahwa mereka mengalami masalah keluhan otot dan tulang, paling tidak sekali. Pada keluhan pertama biasanya mereka merasakan gejala sakit pada leher, sementara keluhan ke dua umumnya dirasakan para siswa pada punggung bagian atas dan bawah serta bahu.

Para peneliti menemukan bahwa siswa yang menghabiskan waktu di depan komputer lebih dari tiga jam setiap harinya, 50 persen di antara mereka sepertinya mempunyai keluhan pada gejala tersebut. Mereka yang paling banyak menggunakan komputer dalam keseharian mengalami gejala hampir dua kali lipat dibanding mereka yang lebih sedikit menggunakan komputer, walaupun hubungan secara statistik tidak terlalu signifikan.

Para peneliti menyimpulkan “Prevalensi gejala keluhan otot dan tulang yang terobservasi dan hubungan potensial antara penggunaan komputer dan gejalanya dirasa perlu diteliti lebih lanjut untuk mengurangi jumlah penderita.,” hal ini membutuhkan waktu yang lebih panjang dan studi yang lebih luas mengenai pemeriksaan sikap atau posisi tubuh terhadap komputer dan faktor lain yang mempengaruhi resiko keluhan pada otot dan tulang. (Epochtimes/rtr)

//

Sumber: lintasberita.com

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: