jump to navigation

Menyisipkan RSS di WP August 4, 2009

Posted by sweetmagic in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

rssAda yang bingung dengan rss feed pada wordpress ini? barangkali inilah solusinya. Tulisan ini mengulas “sedikit” tentang rss feed dan cara menyisipkannya ke dalam blog yang anda kelola. Silahkan baca!

Sedikit Cerita

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Sebuah program komputer yang dikenal sebagai pembaca umpan (feed reader) bertindak sebagai pengumpul. Program ini mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Tenggang waktu dan siklus pengumpulan RSS biasanya dapat diatur oleh penggunanya. Program pengumpul dapat berupa program komputer atau sebuah layanan web yang tersedia online.

(sumber : wikipedia)

Cara menyisipkan Rss feed

Tutorial dan cara menyisipkan rss feed adalah sebagai berikut.

  1. buka halaman admin Blog yang di kelola.
  2. klik “Tampilan” > Widget,  akan muncul halaman pengaturan Widget
  3. pilihlah bagian “RSS” dan klik “tambah” atau “add”
  4. 2

  5. dan  widget RSS pun telah disisipkan, tetapi mununggu pengaturannya.
  6. pengaturan :
  • Klik bagian “sunting” di sisi kanan rss, maka akan muncul box berikut.

3

  • tuliskan alamat URL rss feed yang akan anda tampilkan contoh : “http://isaninside.wordpress.com/feed/”
  • Tulikan Judul rssnya :”Contoh Isaninside Web blog”.
  • Atur jumlah tulisan terakhir yang akan ditampilkan, maksimal 20 buah tulisan yang telah diposting.
  • aktifkan centang berikut jika : 1. anda ingin menampilkan sedikit ulasan mengenai blog yang diumpan (Tampilkan Konten Objek) 2. Menampilkan nama penulis tulisan yang diposting (Tampilkan Penulis jika tersedia). 3. Menampilkan tanggal ketika tulisan tersebut di posting (tampilkan Tanggal Objek).
  • Akhiri dengan mengklik “selesai” atau langsung ke “simpan perubahan” (Save Changes).

contoh :

4

Mudah bukan? nah sekarang mulailah mengeksplorasi situs-situs yang menyediakan rss ini, karena tidak semua situs dilengkapi dengan layanan pengumpan RSS. Demikian tutorial menyisipkan rss feed ini, semoga bermanfaat…. Jangan Lupa komentarnya. wassalam.

Komentar»

Sumber: M.Ihsan zul

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: